| 1. |
Kelola Pegawai
|
Menu ini untuk mengelola data Pegawai sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepada Anda.
Hanya Pegawai yang memiliki level pengguna Operator Presensi Regional dan Operator Presensi UPT yang dapat mengelola data Pegawai di kantor-kantor dalam wilayah kerjanya masing-masing.
Yang dimaksud dengan Kantor Induk adalah kantor yang levelnya berada satu tingkat di atas level kantor si Pegawai. Untuk Pegawai yang bekerja di KCU, KC atau Kantor Pos Pemeriksa, SPP atau MPC, Kantor Tukar, maka Kantor Induknya adalah Kantor Regional yang bertalian. Untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Regional, Kantor IPC, atau Kantor SGLK, maka Kantor Induknya adalah Kantor Pusat Bandung 40005.
Sedangkan untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Cabang Pembantu, maka Kantor Induknya adalah Kantor Cabang Utama atau Kantor Cabang atau Kantor Pos Pemeriksa-nya. Untuk Pegawai yang bekerja di Delivery Center, maka Kantor Induknya adalah Kantor SPP yang bertalian.
Anda dapat menampilkan beberapa data Pegawai sekaligus, dengan memasukkan data Nippos pegawai-pegawai tersebut, dan pastikan dipisahkan oleh karakter spasi.
Caranya, masukkan data Nippos pegawai di kotak teks Cari. Jika lebih dari satu Nippos, maka pisahkan dengan karakter spasi, lalu di sebelah kanan kotak teks Cari, pilih Kata kunci apapun.
Contoh: 987654321 998877654, lalu pilih Kata kunci apapun di sebelah kanannya, kemudian klik tombol Cari.
Saat menyesuaikan data Pegawai untuk keperluan presensi di POS HADIR, maka pastikan untuk menentukan data Bagian, Jabatan, dan Shifting untuk setiap Pegawai.
Pastikan juga untuk menyesuaikan data setiap Pegawai, apakah yang bersangkutan memiliki Bawahan dan/atau memiliki Atasan.
Untuk menentukan apakah seorang Pegawai dikategorikan sebagai Atasan Langsung terhadap Pegawai lainnya, maka pastikan untuk memilih Ya pada ruas Punya Bawahan? lalu menyimpan perubahan tersebut pada menu Kelola Pegawai.
Jika seorang Pegawai sudah ditentukan memiliki Bawahan, maka data Pegawai tadi (setelah disimpan), selanjutnya dapat dipilih sebagai Atasan Langsung terhadap data Pegawai lainnya.
Pastikan juga untuk menentukan data Atasan Langsung untuk setiap Pegawai yang memiliki atasan.
Hal ini penting, supaya sistem dapat mengenali relasi Pegawai antara Atasan dan Bawahannya, sehingga fitur Ketidakhadiran (yang memerlukan approval dari Atasannya) dan fitur Penugasan (yang memerlukan relasi ke Bawahan) dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
|
PEGAWAI
|
| 2. |
Shift Kolektif
|
Menu ini untuk mengubah shift Pegawai secara kolektif.
Hanya Pegawai yang memiliki level pengguna Operator Presensi Regional dan Operator Presensi UPT yang dapat mengelola data Pegawai di kantor-kantor dalam wilayah kerjanya masing-masing.
Yang dimaksud dengan Kantor Induk adalah kantor yang levelnya berada satu tingkat di atas level kantor si Pegawai. Untuk Pegawai yang bekerja di KCU, KC atau Kantor Pos Pemeriksa, SPP atau MPC, Kantor Tukar, maka Kantor Induknya adalah Kantor Regional yang bertalian. Untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Regional, Kantor IPC, atau Kantor SGLK, maka Kantor Induknya adalah Kantor Pusat Bandung 40005.
Sedangkan untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Cabang Pembantu, maka Kantor Induknya adalah Kantor Cabang Utama atau Kantor Cabang atau Kantor Pos Pemeriksa-nya. Untuk Pegawai yang bekerja di Delivery Center, maka Kantor Induknya adalah Kantor SPP yang bertalian.
Anda dapat mencari dan menampilkan beberapa data Pegawai sekaligus, dengan memasukkan data Nippos pegawai-pegawai tersebut, dan pastikan dipisahkan oleh karakter spasi.
Caranya, masukkan data Nippos pegawai di kotak teks Cari. Jika lebih dari satu Nippos, maka pisahkan dengan karakter spasi, lalu di sebelah kanan kotak teks Cari, pilih Kata kunci apapun.
Contoh: 987654321 998877654, lalu pilih Kata kunci apapun di sebelah kanannya, kemudian klik tombol Cari untuk mulai mencari.
Jika data yang dicari ditemukan, maka beri tanda centang di sebelah kiri data Pegawai tadi, lalu tekan tombol Ubah Shift Kolektif.
Di halaman selanjutnya, beri tanda centang pada checkbox Pilih Semua, lalu pilih data shift pada ruas Shift, lalu klik tombol Ubah.
Selanjutnya Anda akan melihat halaman yang berisi data Pegawai berikut data shift yang baru Anda pilih, lalu pastikan Anda sudah mengklik tombol Konfirmasi untuk mengkonfirmasi sekaligus menyimpan perubahan.
|
PEGAWAI
|
| 3. |
Multi-Location Kolektif
|
Menu ini untuk mengubah data location Pegawai secara kolektif untuk mereka yang bekerja di lokasi lain dari kantor utamanya. Contoh, beberapa pegawai bekerja di kantor implan tetapi secara administratif SIM SDM masih menggunakan nopen KCU-nya.
Hanya Pegawai yang memiliki level pengguna Operator Presensi Regional dan Operator Presensi UPT yang dapat mengelola data Pegawai di kantor-kantor dalam wilayah kerjanya masing-masing.
Yang dimaksud dengan Kantor Induk adalah kantor yang levelnya berada satu tingkat di atas level kantor si Pegawai. Untuk Pegawai yang bekerja di KCU, KC atau Kantor Pos Pemeriksa, SPP atau MPC, Kantor Tukar, maka Kantor Induknya adalah Kantor Regional yang bertalian. Untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Regional, Kantor IPC, atau Kantor SGLK, maka Kantor Induknya adalah Kantor Pusat Bandung 40005.
Sedangkan untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Cabang Pembantu, maka Kantor Induknya adalah Kantor Cabang Utama atau Kantor Cabang atau Kantor Pos Pemeriksa-nya. Untuk Pegawai yang bekerja di Delivery Center, maka Kantor Induknya adalah Kantor SPP yang bertalian.
Anda dapat mencari dan menampilkan beberapa data Pegawai sekaligus, dengan memasukkan data Nippos pegawai-pegawai tersebut, dan pastikan dipisahkan oleh karakter spasi.
Caranya, masukkan data Nippos pegawai di kotak teks Cari. Jika lebih dari satu Nippos, maka pisahkan dengan karakter spasi, lalu di sebelah kanan kotak teks Cari, pilih Kata kunci apapun.
Contoh: 987654321 998877654, lalu pilih Kata kunci apapun di sebelah kanannya, kemudian klik tombol Cari untuk mulai mencari.
Jika data yang dicari ditemukan, maka beri tanda centang di sebelah kiri data Pegawai tadi, lalu tekan tombol Ubah Multi Location Kolektif.
Di halaman selanjutnya, beri tanda centang pada checkbox Pilih Semua, lalu pilih Multi Location pada ruas Status Location, masukkan data Latitude dan Longitude kantor implan yang bersangkutan, lalu klik tombol Ubah.
Selanjutnya Anda akan melihat halaman yang berisi data Pegawai berikut data Multi Location beserta kordinat kantor yang baru Anda masukkan tadi, lalu pastikan Anda sudah mengklik tombol Konfirmasi untuk mengkonfirmasi sekaligus menyimpan perubahan.
Selain menggunakan menu ini, Anda juga dapat menggunakan menu Laporan -> Log Android untuk menyesuaikan data Latitude dan Longitude untuk Pegawai yang status location-nya adalah Multi-Location. Klik tombol Update Pegawai pada menu Log Android tadi untuk meng-update data Latitude dan Longitude-nya.
|
PEGAWAI
|
| 4. |
Reset IMEI
|
Menu ini untuk mereset IMEI dengan cepat tanpa harus mengubah data lewat menu Kelola Pegawai. Reset IMEI dibutuhkan jika Pegawai baru saja mengganti HandPhone-nya.
Anda sebagai Operator Presensi UPT atau Operator Presensi Regional, bisa melakukan Reset IMEI untuk satu Pegawai, atau untuk beberapa Pegawai sekaligus. Masukkan data Nippos pada kotak teks Cari, lalu klik tombol Cari.
Yang dimaksud dengan Kantor Induk adalah kantor yang levelnya berada satu tingkat di atas level kantor si Pegawai. Untuk Pegawai yang bekerja di KCU, KC atau Kantor Pos Pemeriksa, SPP atau MPC, Kantor Tukar, maka Kantor Induknya adalah Kantor Regional yang bertalian. Untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Regional, Kantor IPC, atau Kantor SGLK, maka Kantor Induknya adalah Kantor Pusat Bandung 40005.
Sedangkan untuk Pegawai yang bekerja di Kantor Cabang Pembantu, maka Kantor Induknya adalah Kantor Cabang Utama atau Kantor Cabang atau Kantor Pos Pemeriksa-nya. Untuk Pegawai yang bekerja di Delivery Center, maka Kantor Induknya adalah Kantor SPP yang bertalian.
Anda dapat menampilkan beberapa data Pegawai sekaligus, dengan memasukkan data Nippos pegawai-pegawai tersebut, dan pastikan dipisahkan oleh karakter spasi.
Caranya, masukkan data Nippos pegawai di kotak teks Cari. Jika lebih dari satu Nippos, maka pisahkan dengan karakter spasi, lalu di sebelah kanan kotak teks Cari, pilih Kata kunci apapun.
Contoh: 987654321 998877654, lalu pilih Kata kunci apapun di sebelah kanannya, kemudian klik tombol Cari untuk mulai mencari.
Setelah data ditampilkan, beri tanda centang di sebelah kiri untuk semua data tadi, lalu tekan tombol Reset IMEI Kolektif, dan ikuti petunjuk pada halaman selanjutnya.
Selain di menu ini, Reset IMEI juga dapat dilakukan oleh setiap Pegawai melalui menu Profil Pengguna. Cukup klik tombol Reset IMEI, lalu klik tombol OK pada pertanyaan yang muncul. Semudah dan secepat itu!
|
PEGAWAI
|
| 5. |
Profil Pengguna
|
Menu ini untuk menampilkan data Profil Pengguna, dan hanya bisa diakses oleh Pengguna yang bersangkutan.
Melalui menu ini, sekarang setiap Pegawai dapat melakukan Reset IMEI di HP-nya sendiri. Jadi, tidak perlu lagi setiap saat melapor ke Operator Presensi di unit kerjanya.
Cukup klik tombol Reset IMEI di sebelah kiri dari data pengguna, maka sistem akan menampilkan konfirmasi atau pertanyaan. Pastikan mengklik tombol OK untuk mengkonfirmasi, maka sistem akan mereset data IMEI. Semudah dan secepat itu.
|
PEGAWAI
|