Bantuan (Detail)  

Category ID 7
Category Description FAQ (Frequently Asked Questions)
Halaman 
 dari 1
Data
1
sampai
9
dari
9
Topic
Description
Category
1. Apakah POS HADIR itu? POS HADIR adalah aplikasi untuk merekam data kehadiran/ketidakhadiran pegawai di PT Pos Indonesia.

Melalui aplikasi ini, diharapkan semangat Pegawai melalui integritas kehadiran bekerja untuk mengaktualisasikan prestasinya di Pos Indonesia menjadi semakin bertambah.

Mengapa semangat Pegawai bisa bertambah?

Pertama, aktivitas pencatatan kehadiran pegawai dapat dengan mudah dilakukan melalui perangkat HP (Handphone) Pegawai masing-masing.

Kedua, Pegawai tidak selalu harus melalui serangkaian kegiatan yang dapat menambah waktu sejak tiba di kantor sampai kepada menghidupkan komputer, membuka browser, mengakses alamat web presensi, login, lalu menekan tombol Presensi Masuk.

Ketiga, semua aktivitas di atas yang selama ini menambah waktu, bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui HP. Bahkan, ketika Pegawai baru tiba di parkiran kantor pun, bisa dilakukan.

Semua fleksibiltas yang disediakan oleh POS HADIR tersebut seharusnya dapat menambah semangat para Pegawai untuk memulai pekerjaan, karena aktivitas kehadirannya setiap hari dapat dilaporkan dengan sangat mudah, cepat, dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

FAQ (Frequently Asked Questions)
2. Selain menggunakan HP, apakah POS HADIR dapat diakses via Web? Ya. Bagi para Pegawai yang misalnya HP-nya belum support atau HP-nya ketinggalan di rumah, dapat tetap melakukan presensi masuk dan pulang lewat Web setelah tiba di kantor.

Syaratnya, di komputer tersebut harus terpasang Webcam (camera web), dan harus terhubung ke jaringan Intranet Pos Indonesia (tidak dapat menggunakan jaringan Internet).

FAQ (Frequently Asked Questions)
3. Bagaimana cara POS HADIR melakukan verifikasi kehadiran Pegawai melalui HP? Pertama, Pegawai wajib mengambil foto selfie dengan tampak latar belakang lokasi. Ini salah satu bentuk pelaporan keberadaan pegawai setiap hari yang dilakukan secara jujur (tidak menitip presensi ke teman).

Kedua, sistem akan mencocokkan lokasi Pegawai saat melakukan presensi masuk dengan geo location kantor tempatnya bekerja. Jika tidak cocok (misalnya Pegawai mencoba presensi masuk dari rumah), maka sistem akan menolak.

Untuk kebutuhan tersebut, maka pastikan fitur GPS di HP Pegawai sudah diaktifkan terlebih dulu sebelum melakukan presensi masuk maupun pulang.

Verifikasi geo location ini tidak berlaku khusus untuk para Pegawai yang sedang dalam masa Penugasan.

FAQ (Frequently Asked Questions)
4. Bagaimana cara POS HADIR melakukan verifikasi kehadiran Pegawai melalui Web? Pertama, Pegawai wajib mengambil foto selfie dengan tampak latar belakang lokasi. Ini salah satu bentuk pelaporan keberadaan pegawai setiap hari yang dilakukan secara jujur (tidak menitip presensi ke teman).

Kedua, sistem akan mencocokkan IP Gateway jaringan kantor saat Pegawai melakukan presensi masuk dengan IP Gateway yang sudah didaftarkan untuk kantor tersebut. Jika tidak cocok (misalnya Pegawai mencoba presensi masuk tidak melalui jaringan kantor), maka sistem akan menolak.

Untuk kebutuhan tersebut, maka pastikan IT Support di setiap kantor sudah mendaftarkan terlebih dulu IP Gateway kantor-kantor di bawah pengawasannya di sistem POS HADIR.

FAQ (Frequently Asked Questions)
5. Saya sudah mengaktifkan GPS di HP, tapi GPS di aplikasi POS HADIR statusnya masih belum aktif. Apa yang harus saya lakukan? Pertama, pastikan GPS masih tetap aktif, lalu tutup terlebih dulu aplikasi POS HADIR.

Kemudian, buka aplikasi Google Maps, tunggu selama 5 sampai 10 detik.

Setelah itu, buka lagi aplikasi POS HADIR, maka seharusnya sekarang GPS di POS HADIR sudah dalam keadaan aktif.

FAQ (Frequently Asked Questions)
6. HP saya ketinggalan di rumah. Bisakah saya melakukan presensi di POS HADIR menggunakan HP teman kantor? Untuk tahap awal, bisa.

Meskipun demikian, pastikan Anda yang tetap login dan melakukan foto diri sendiri. Artinya, jangan menitipkan presensi Anda dilakukan oleh orang lain.

FAQ (Frequently Asked Questions)
7. Bagaimana presensi Pegawai yang bekerja di kantor-kantor implan, sementara mereka terdaftar di KCU-nya? Apakah bisa menggunakan POS HADIR? Tentu saja bisa.

Karena ini adalah case khusus, maka untuk saat ini Pegawai tersebut harus ditugaskan terlebih dulu oleh atasannya, sehingga dapat melakukan presensi masuk dan pulang di lokasi kantor tadi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Multi-Location dengan mengubah data status location Pegawai yang bersangkutan melalui menu PEGAWAI -> Multi-Location Kolektif.

FAQ (Frequently Asked Questions)
8. Bagaimana cara menugaskan Pegawai melalui aplikasi POS HADIR supaya mereka dapat melakukan presensi di lokasi penugasan? Pertama, pastikan Anda adalah Pegawai yang memiliki bawahan dan sudah diupdate datanya oleh Manajer Dukum kantor Anda.

Kedua, silahkan login ke alamat web ini (jika menggunakan Internet): https://hadir.posindonesia.co.id/pos_hadir/.

Ketiga, setelah berhasil login, klik menu Penugasan, lalu tambahkan data Penugasan dengan mengklik tombol plus (+), dan setelah data Penugasan disimpan, maka selanjutnya Pegawai yang ditugaskan langsung dapat melakukan presensi di lokasi tempat penugasan menggunakan aplikasi POS HADIR di HP-nya masing-masing.

Catatan: Untuk saat ini fitur Penugasan hanya diaktifkan melalui aplikasi POS HADIR di HP atasan yang bersangkutan. Fitur Penugasan lewat web untuk sementara waktu tidak diaktifkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)
9. Dimana saya bisa mendownload Aplikasi Android POS HADIR? SIlahkan klik link ini untuk mendownload Aplikasi Android POS HADIR. FAQ (Frequently Asked Questions)